Jumat, 27 Desember 2013

Surat Elektronik(E-mail)


Saling berinteraksi , berhubungan , dan berkomunikasi merupakan kodrat dari setiap manusia. Banyak sarana untuk saling berkomunikasi satu sama lain , seperti berbicara langsung ataupun menggunakan media bantuan. Dalam perkembanganya surat adalah salah satu media perantara komunikasi antar manusia yang paling lama digunakan bahkan hingga saat ini masih digunakan. Surat-menyurat dalam perkembangannya banyak pula menggunakan media-media pembantu lain dalam menyampaikannya seperti merpati pos ataupun diantar oleh petugas pos.
Namun seiring dengan diciptakannya internet , kegiatan surat-menyurat pun ikut dimutakhirkan yakni dengan menjadikannya surat elektronik atau biasa disebut E-mail. Dewasa ini memiliki akun E-mail sudah barang tentu merupakan hal yang sangat penting. Karena hampir setiap keperluan yang berhubungan dengan internet pasti menggunakan E-mail , seperti registrasi akun jejaring sosial (twitter,facebook,instagram,dsb) , jual beli via internet (e-bay,tokobagus,dsb) , dan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan internet lainnya.
Berikut akan dibahas mengenai sejarah , perkembangan , kegunaan , dan manfaat yang dirasakan dengan menggunakan E-mail.



Pengertian email  :

 E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.
Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacamusername@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com

Sejarah E-mail :

Electronic mail, atau yang lebih akrab dikenal sebagai email atau e-mail adalah metode pengiriman pesan digital yang dapat ditujukan ke lebih dari satu pengirim. Kini email lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia modern.

Namun tahukah Anda siapa penemu email dan dari mana email berasal? Berikut adalah sejarah singkat mengenai email.

Dilansir dari Net History, email sebenarnya sudah digunakan sebelum APRAnet atau Internet digunakan secara luas. Cara kerja email pertama sangatlah sederhana, user komputer hanya meletakkan pesan di user komputer lain, seperti meninggalkan pesan di meja orang lain, yang kini disebut file directory. Namun pada saat itu, email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer saja dalam rangkaian LAN (Local Area Network).

Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.


Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".


Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada". Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

Pada perkembangannya email mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan Hotmail.
Penyedia Layanan E-mail :

1.Gmail
  
mail.google.com

Gmail merupakan layanan email dan chat dari Google Inc. yang ditemukan oleh Paul Buchheit. Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 
10 GB dengan perlindungan terhadap kotak masuk spam.
 
Gmail juga dapat mengirimkan attachment(lampiran) sampai 25MB per email dan fitur-fitur menarik termasuk pengelompokan email masuk sehingga mudah untuk dilihat.
Sejak di launching 1 April 2004 sudah 500 juta lebih orang menggunakan Gmail.


2. Yahoo!Mail
    
mail.yahoo.com


Yahoo!mail merupakan layanan gratis dari Yahoo dengan kapasitas
penyimpanan hingga 5GB. Rocketmail dan ymail juga merupakan
bagian dari Yahoo!Mail. Yahoo!mail diluncurkan pada 8 0ktober 1997 dan saat ini lebih dari
300 juta akun yahoo mail digunakan.












3. Outlook.com / MSN/ Hotmail
     
www.outlook.com

Outlook.com merupakan web berbasis email milik microsoft. Corp
dan merupakan layanan email terbesar kedua. Diluncurkan pada 4 juli 1996 (Hotmail) 31 juli 2012 (Outlook) dan saat ini sudah melayani lebih dari 420 juta pengguna di seluruh dunia.
Outlook merupakan versi terbaru dari Hotmail, Windows Live Hotmail, Msn Hotmail dari Microsoft Walaupun begitu kita tetap bisa mengakses akun email hotmail, msn email terdahulu dan membuat akun baru dengan domain outlook, hotmail dan live.com.




4. AOL Mail / AIMMail
    
mail.aol.com


Aol mail atau disebut juga AIM mail merupakan layana email gratis dari AOL (American Online) .
Aol menyediakan kapasitas  penyimpanan hingga 5GB dan perlindungan terhadap spam.
Diluncurkan pada 21 maret 1993 dan saat ini tersedia dalam 54 bahasa.




5. Mail.com
    
www.mail.com
   
    Mail.com merupakan layanan email berbasis web dan portal milik United Internet.
    Mail.com menyediakan penyimpanan sebesar 2GB dan perlindungan terhadap spam.





6. GMX.Mail
    
www.gmx.com

 




GMX Mail merupakan layanan email gratis dari GMX (Global Mail Exchange) milik United Internet  yang berbasis di German. Gmx mail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 5GB dengan  50MB kapasitas per email dan perlingdungan terhadap malware dan spam.




7. Nokia Mail
    
https://www.nokiamail.com


    Layanan email gratis dari Nokia bagi pengguna telepon nokia dengan kapasitas tak terbatas
    yang bekerja sama dengan Yahoo. Inc.


  

8.  iCloud


Layanan email gratis dari Apple Inc. dengan kapasitas penyimpanan 5GB
    Sama seperti nokia mail, icloud sepertinya juga dihadirkan buat pengguna produk produk Apple.Inc


9. INBOX.COM
www.inbox.com
    

   Layanan email gratis dengan tambahan photosharing. Inbox.com menyediakan kapasitas
   penyimpanan hingga 5GB namun sayang tidak tersedia untuk Indonesia.


10. Zoho Mail
      
www.zoho.com/mail.


      Layanan email gratis dari zohomail.com dengan kapasitas pemyimpanan online terbatas.
      Umumnya zoho mail ditujukan untuk pengguna profesional dan umum.

11. FastMail

Fastmail merupakan layanan email gratis dan premium dari FastMail.com FastMail terdiri dari 3 kategori mail yaitu :
Personal, Bussiness, dan Family Email dengan harga yg berbeda.

12. Opera Mail

Opera mail merupakan layanan email gratis dari opera yang teringrasi
langsung dengan layanan blog dan photodari opera.

Berikut ini layanan Email dari Indonesia :

1. TelkomNet Mail
mail.telkom.net
     
Layanan email gratis dari Telkom Indonesia dengan kapasitas penyimpanan
hanya 10 MB.

2. Plasa.Com
   
www.plasa.com
    
Layanan email gratis dari website Plasa.com yang merupakan milik Telkom Indonesia.
Plasa.com menyediakan kapasitas pemyimpanan 10 MB.
Kegunaan dan manfaat E-mail :
1.      Media Komunikasi
Tentu, sebagai alat komunikasi elektornik, email atau surat elektronik adalah media komunikasi yang bisa dilakukan secara personal atau umum (komunitas)

2.      Media Pengiriman
Dengan email anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengiriman yang anda dengan yang anda kirimi data sama-sama menggunakan alamat email, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik
emailkamu@gmail.com ----------> data pengiriman ------------> emailteman@gmail.com

3.      Efektif, Efisien, dan Murah
Melakukan pengiriman data melalui email adalah sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat email anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal

4.      Media Promosi
JIka anda bisa memiliki usaha di internet atau pebisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada

5.      Media Informasi
Melalui email, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan

6.      Membuat Blog atau Website
Dengan email anda bisa membuat blog dan website

7.      Sosial Media
Dengan email, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan email itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti 
facebook, twitter, atau google +
E-mail merupakan salah satu fasilitas dalam internet yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet. Dengan menggunakan e-mail kita dapat berinteraksi dengan banyak orang dengan tanpa harus terbelenggu batasan jarak. Pemanfaatan e-mail dengan arif dan bijak serta sesuai dengan kebutuhan dan menghargai privasi serta hak orang lain mutlak sifatnya dimengerti oleh setiap pengguna internet khususnya pengguna e-mail.

Sumber :
http://Nethistory.inf,
http://Mashable.com


http://www.gmx.com
http://www.mail.com
http://mail.aol.com


“Detik.com” Inspirasi Penyaji Berita Segar dan Aktual


Dewasa ini perkembangan teknologi internet sangat maju,cepat,dan dinamis. Hampir segala aspek yang diperlukan untuk menjalakan setiap kegiatan,baik itu kegiatan edukasi,ekonomi,politik,hukum,dan jurnalisme mampu dihadirkan dalam bentuk yang semenarik mungkin dnegan menggunakan media internet.

Salah satu aspek tersebut adalah jurnalisme. Kebutuhan akan berita pada abad 21 ini sudah menjadi kebutuhan primer. Hampir setiap saat terjadi perkembangan atau bahkan penciptaan teknologi baru. Masyarakat kebanyakan tidak ingin ketinggalan dengan arus perkembangan teknologi sehingga dibutuhkan media jurnalisme yang bersifat mudah diakses,segar,dan aktual.

Tidak hanya perkembangan teknologi namun juga berita-berita lainnya seperti olahraga,bisnis,hiburan,bahkan kesehatan. Dengan kebutuhan akan berita yang sangat besar dan cukup mendesak dibutuhkan media yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Detik.com adalah salah satu media yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Detik.com adalah media jurnalisme yang menggunakan internet sebagai sarana berbagi dengan “konsumen-konsumen” berita.

Detik.com merupakan salah satu media jurnalisme elektronik terbesar dan tersukses di Indonesia. Dengan kualitas pemberitaan yang objektif,segar,dan aktual Detik.com terus memanjakan para “konsumen” berita dengan berita-berita yang variatif.


Sejarah Berdirinya Detik.com :

Detikcom awalnya adalah proyek pribadi sebuah perusahaan penyedia jasa konsultasi, pengembangan, dan pengelolaan web, Agranet Multicitra Siberkom. — Di singkat menjadi Agrakom — Untuk menyiasati kondisi perusahaan saat krisis ekonomi 1997. Agrakom saat itu seperti banyak perusahaan lain juga menghadapi persoalan. Order jasa web site terhenti, sementara proyek-proyek e-commerce yang sudah di tangan di tunda oleh klien. Padahal Agrakom yang berdiri Oktober 1995 dengan investasi yang lumayan besar.
Agrakom termasuk salah satu pelopor Industri konten IT yang menyasar pasar Internet yang mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1993. Agrakom sempat beberapa kali mengecap manisnya kue bisnis itu dari beberapa klien besar seperti Kompas Gramedia yang meluncurkan Kompas Cyber Media untuk berita koran versi Internet atau PT. Tambang Timah Tbk.
Agrakom didirikan oleh Budiono Darsono dan teman-teman yang sebagian besar berlatar belakang Jurnalis, pada masa awal Agrakom berkantor di perkantoran Stadion Lebak Bulus, namun berhasil menggaet sekitar 10 klien raksasa dari luar negeri. Antara lain Philips (elektronik), Hair Builder (properti), Anderson (News), Radio Extreme (Konsultan Sekuritas), Intel dan AIM Service. Umumnya klien tersebut perusahaan Amerika dan tidak memiliki kantor di Indonesia bahkan merekapun tidak menginginkan memiliki tempat usaha di Indonesia walaupun murah bagi mereka, ini mungkin karena indonesia belum begitu dilirik dalam dunia IT, tidak seperti sekarang.
Kepada Agrakom sebagian besar perusahaan tersebut memercayakan penggarapan dan pengembangan situs Web mereka. Sebagian lainnya mengorder jasa pengembangan aplikasi. Semua kontak bisnis dilakukan melalui email dan telepon atau mungkin print presentasi elegant. Preview pekerjaan juga dilakukan melalui Internet. Adapun diskusi pekerjaan dipresentasikan melalui Chat yang secara khusus dibuat oleh Agrakom.
Nilai proyek yang ditangani terus meningkat, awalnya hanya Rp. 300 juta, lalu meningkat Rp. 425 juta bahkan sempat sampai mencapai Rp. 1 Miliar. Tapi kue manis tersebut tak berlangsung lama, Krisis Moneter 1997 membuyarkan semuanya mungkin ini yang menjadi kelemahan detik com atau hampir seluruh perusahaan lain yaitu kurangnya planing diawal bilamana usaha akhirnya terpuruk.

Menyikapi kondisi tersebut , kemudian Budiono Darsono (eks Wartawan DeTik), Yayan Sofyan (eks Wartawan DeTik), Abdul Rahman (eks Wartawan Tempo) dan Didi Nugrahadi (tetangga rumah Budiono yang tinggal di Pamulan Tangerang). Empat sekawan ini berpikir keras mencari konsep jasa web baru yang tetap laku dalam situasi krisis. Ada cerita lain bahwa ide ini lahir akibat paket layanan baru dan pernah ditawarkan kepada salah satu penerbit koran besar, namun ditolak. Klien itu justru menyarankan agar Budiono dan kawan kawannya menggarapnya sendiri.
Dari serangkaian pertemuan, nongkrong di berbagai tempat, akhirnya konsep itu ditemukan. Yaitu sebuah media yang 100% berbasis Internet dan memanfaatkan semaksimal mungkin keunggulannya yaitu tersedia setiap saat dan interaktif. Namun gagasan ini masih mentah karena Budiono dan kawan kawan masih bingung seperti apa wujudnya.
Terdapat beberapa alternatif matang dan tinggal menjiplak saja. Misalnya waktu itu lagi populer sekali Yahoo, dimana orang yang mau browsing pasti ke Yahoo dulu, buat cari informasi, jadi ada rencana buat portal seperti Yahoo, atau bikin Web Mail Gratis macam Hotmail.
Tetapi pilihan akhirnya jatuh pada membuat situs berita yang cepat terupdate dalam hitungan menit, bukan lagi harian seperti koran. Budiono sangat yakin orang-orang sedang membutuhkan berita seperti ini. Gagasan itu sepertinya mencontek gaya breaking news televisi CNN tetapi ala internet. Sama seperti Yahoo! yang sebetulnya sudah memakai konsep itu dengan berita update langganan dari berbagai kantor berita. Sayangnya, mesin pencari ini masih berbahasa Inggris. Padahal di Indonesia hanya sedikit orang yang mau baca Web Site berbahasa Inggris.
Detik.com waktu itu memang unik.  Jangankan Di Indonesia, di seluruh dunia pun waktu itu tidak ada Portal Berita macam Detik.com. Pada awal operasionalnya Budiono menjabat sebagai pemimpin redaksi sekaligus reporter dengan satu tape recorder. Lalu merekrut beberapa reporter, sembari rajin menelepon bekas teman-teman wartawan di media lain untuk menyumbang berita. Beritanya singkat, orang yang sering di telpon Budiono adalah Sapto Anggoro, redaktur di harian Republika, yang kerap memberi info baru di lapangan kepadanya. Tidak lama Sapto justru keluar dari koran itu dan bergabung, bahkan sekarang tercantum sebagai dewan redaksi Detikcom.
Delapan hari setelah Soeharto lengser, 30 Mei 1998, server Detikcom sudah siap di akses, namun baru mulai on line dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Berita-beritanya segar, anyar, dan terus menerus diperbaharui dalam hitungan detik. Desain website berbalut warna khas yang agak norak, hijau, biru, dan kuning. Warna ini sampai sekarang dipertahankan sebagai trademark. Baru sebulan Detikcom on line telah ada sekitar 15.000 hits alias yang mengklik situs baru itu. Perkiraan itu akhirnya terbukti karena dalam waktu singkat Detikcom menjadi sangat dicari. Satu tahun kemudian, jumlah pengunjung melesat menjadi 50.000 orang perhari, sebuah pencapaian luar biasa mengingat pengguna Internet yang baru sedikit saat itu.


Banyak cerita tentang sulitnya para reporter Detikcom menyajikan berita – berita secara tepat waktu. Saat itu belum ada BlackBerry atau semacam SmartPhone yang bisa mengirimkan email berita dengan sekali pencet. Telepon genggam (Handphone) apalagi PDA di tahun 1998 – 1999 amat mahal, dan terbatas. Satu satunya jalan adalah memanfaatkan telepon umum dan setiap pagi para reporter Detikcom terlebih dahulu diwajibkan untuk masuk ke kantor mengambil beberapa kantung uang recehan. Yang terjadi adalah antrean panjang telepon umum dan para wartawan itu sering kena omel para pengguna telepon. Dengan begitu berita yang dikirimkan disiasati lebih singkat dan pendek.

Detik keberhasilan Detikcom pun turut menjadi pemicu munculnya demam Internet di Indonesia pada pertengahan 1999.

Ini menyadarkan banyak konglomerat media yang merasa kecolongan tidak memanfaatkan kesempatan emas di waktu yang sulit itu. Lagi pula, membangun sebuah situs tidak perlu modal yang banyak, seperti mendirikan pabrik. Mulailah bermunculan perusahaan Internet serius didirikan seperti Satunet, Astaga!com. James Riyadi pemilik Lippo Life membuat Lippo e-Net dan Lippostar. Adapula Mweb, Kopitime, dan BolehNet. Bedanya portal-portal tersebut banyak yang didirikan hanya untuk mendapatkan keuntungan sesaat. Investasi awal jor-joran dengan menawarkan pelbagai fasilitas canggih berbiaya besar yang di gratiskan seperti email, chatting, kirim SMS dan bahkan webfax gratis, untuk mengundang pengunjung. Setelah mencatat banyak hits, mereka melepas kepemilikan di bursa saham untuk mendapatkan dana.

Di kepung oleh pemodal besar membuat Agrakom pun menjual 15% saham Detikcom kepada Investor asal Hongkong, Pasific Tech seharga USD2 juta. Uang sebanyak itu berpuluh kali lipat dari investasi awal DetikCom yang hanya Rp. 40 juta. Dana sebesar itu membuat Detikcom nervous harus seberapa besar pendapatan yang diperoleh kalau investasinya saja sudah hampir menginjak belasan juta dollar

Akhirnya di putuskan belanja teknologi dikeluarkan seperlunya. Tenaga penjual iklan di rekrut. Bahkan, iklan dari dotcom lain di terima, termasuk dari kompetitor. Awal Januari 2000, Detikcom merilis email gratis, chating, ruang diskusi, dan menambah sejumlah kanal baru. Ciri khas jurnalistik lebih di pertajam dengan serangkaian kerja sama organisasi kampanye untuk memasok berita di daerah. Fasilitas SMS dan WebFax gratis yang biaya operasinya mahal ditiadakan. Tidak ada biaya promosi miliaran rupiah. Tidak ada content management system seharga ratu san ribu dolar, tetapi mengembangkan sendiri. Langkah meniru nan hati-hati itu akhirnya bisa menyelamatkan.


Di awal milenium, krisis dotcom meledak di Amerika Serikat. Saham saham perusahaan berbasis teknologi bertumbangan. Kekecewaan investor bahwa jaringan internet ternyata tidak mendatangkan keuntungan seperti yang dijanjikan terbukti sudah oleh kiamat dotcom yang datang lebih cepat. Dari sisi pendapatan krisis dotcom tahun 2000 telah menyebabkan banyak pemasang iklan tidak lagi mau percaya pada media Internet. Satu persatu portal yang pada tahun 1999 tumbuh pesat, kini mulai gulung tikar. Maka awal 2001 situs situs milik para Konglomerat Media itu kehabisan modal.

Budiono dan kawan kawan bertahan dengan modal pas-pasan setelah menutup kembali fasilitas yang di anggap tak menguntungkan. Detikcom masih memiliki napas hasil menyisakan modal dan sedikit dari penghasilan iklan – Oktober 2000 pendapatan iklan Detikcom mencapai lebih dari Rp. 500 juta. Berita yang tak banyak pembacanya dan tak menarik pemasang iklan dihentikan. Serangkaian bidang usaha baru dirilis, tahun 2003 terlihat bahwa dari beberapa bidang usaha baru, mobile data (layanan kirim berita lewat SMS) adalah yang paling cepat memberi hasil.

Selanjutnya, Detikcom melenggang sendirian tanpa lawan yang berarti. Banyak pujian datang karena Detikcom salah satu dari sedikit media yang bisa bertahan pada era industri media yang mulai bergerak ke arah konglomerasi. Ada Kompas Gramedia, Media Group, Para Group, MNC, Jawa Pos Group, dan Visi Media Asia. Dan yang terjadi belakangan pada akhirnya adalah raksasa-raksasa ini justru mengekor kepada semut. Kompas mereborn Kompas.com, MNC mendirikan okezone.com, Visi Media milik Grup Bakrie melahirkan VivaNews. Tempo Inti Media mengaktifkan tempointeraktif.co.id, belum lagi Inilah.com dan Wartaone.com.

Menanggapi banyaknya portal Berita yang muncul, Budiono Darsono bilang “Dulu pun kami menghadapi pemain modal besar, tapi Detik bisa menghadapinya, Bisnis ini dibangun dengan semangat jurnalistik, bukan dengan dan Modal”.

Keunggulan Detik.com :

Selain sebagai pelopor media jurnalisme atau pemberitaan online Detik.com memiliki beberapa keunggulan yang menyebabkan Detik.com mampu menjadi salah satu media pemberitaan yang paling diminati hingga saat ini.

Berikut adalah beberapa keunggulan Detik.com :

Ø  Cepat dalam menyampaikan informasi. Update informasi dilakukan terus-menerus selama 24 jam. Hal ini sulit dilakukan oleh media cetak. Kecepatan dalam menyajikan informasi seperti ini dapat dilakukan oleh media jurnalisme online.


Ø  Berita yang dimuat dikemas dan disajikan dalam bahasa yang mudah dipahami masyarakat. Ini merupakn salah satu kelebihan redaksional majalah detik ketika masih terbit sebgai meida cetak.


Ø  Mudah dalam pengaksesan. Detik.com dapat diakses dnegan menggunakan internet,dalam hal ini internet dapat diakses dengan berbagai macam device seperti komputer maupun smartphone.


Ø  Detik.com menyediakan fasilitas untuk interaksi antar pembaca dengan menggunakan forum. Sehingga para pembaca dapat saling bertukar pendapat tentang artikel di Detik.com. Dengan begitu akan menambah kenyamanan pembaca. Membaca berita sekaligu berinteraksi dengan sesama pembaca.


Ø  Detik.com memiliki wartawan-wartawan yang tingkat profesionalismenya tinggi sehingga mampu menyuguhkan berita yang bermutu.





Segmen-segmen dalam Detik.com :

Dalam menyajikan beritanya detik.com memiliki banyak sekali tema yang diangkat seperti olahraga,hukum,politik,otomotif,kesehatan,edukasi,bahkan hiburan. Detik.com memiliki segmen-segmen yang mengelompokkan berita berdasarkan tema utamanyanya.

Berikut adalah segmen-segmen tersebut :

·         detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
·         detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
·         detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
·         detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
·         detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
·         detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepakbola
·         detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
·         detikTV (tv.detik.com) Memuat info mengenai berisi berita video (tv berita)
·         detikFoto (foto.detik.com) Yang memuat berita Foto
·         detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
·         detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
·         detikSurabaya (surabaya.detik.com) Info Surabaya dan Provinsi Jawa Timur
·         detikBandung (bandung.detik.com) Informasi tentang Bandung dan Provinsi Jawa Barat
·         detikforum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
·         blogdetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
·         wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
·         TanyaSaja (tanyasaja.detik.com) Tempat para pengakses bertanya jawab mengenai hal apa pun
·         DetikMap (map.detik.com) Semacam alat/tool untuk melihat Peta lokasi
·         IklanBaris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
·         MyTRANS (www.mytrans.com) Live Streaming Trans TV dan Trans7, serta video program-program acara Trans TV dan Trans7
·         Harian Detik (harian.detik.com) Berisi berita dalam bentuk koran digital yang diterbitkan 2x sehari pada pukul 06:00 WIB & 16:00 WIB (untuk edisi akhir pekan terbit 1x sehari pada pukul 06:00 WIB). Sejak 22 Juli 2013, Harian Detik dihentikan penerbitannya.



Pendapat masyarakat tentang Detik.com :
Moenandar (51) :
“Kebutuhan dalam mengakses berita yang up to date dan aktual sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat umum. Detik.com merupakan salah satu solusi dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Kualitas , aktualitas , dan “kesegaran” berita yang disuguhkan menjadikan alasan utama mengapa Detik.com menjadi salah satu rujukan media utama untuk mengakses berita.”
Irsyad (19) :
“Detik.com memberi suguhan berita-berita yang menarik dan berkualitas,sehingga Detik.com menjadi media favorit saya dalam mencari berita. Detik.com juga sangat mudah diakses dengan menggunakan berbagai macam media seperti laptop , komputer bahkan smartphone.”

Inspirasional dan pelopor :
Detik.com mampu menjadi pelopor media jurnalistik online yang sukses. Kisah berdirinya detik.com yang inspirasional bisa dijadikan contoh bagi para insan muda untuk terus mengembangkan kemampuan dan terus berjuang walaupun dengan sumberdaya yang terbatas.
Semangat yang pantang menyerah mutlak diperlukan demi terwujudnya impian yang didambakan. Detik.com merupakan contoh buah dari semangat dan kerja keras yang sudah dilakukan oleh para pendiri Detik.com.

Sumber :

Jejaring sosial pendidikan “thinkquest.org”

Jejaring sosial pendidikan “thinkquest.org”

ThinkQuest Projects adalah sarana pembelajaran online untuk sekolah-sekolah di seluruh dunia yang bebas biaya, aman & terlindungi. Sehingga guru dan siswa dari sekolah-sekolah yang yang sudah tergabung dengan ThinkQuest dapat saling berkomunikasi dan melakukan belajar-mengajar yang kolaboratif, memanfaatkan perpustakaan ThinkQuest, mengikuti Kompetisi ThinkQuest tingkat nasional & internasional serta mengikuti pelatihan penggunaan ThinkQuest Projects.


ThinkQuest adalah program Corporate Citizenship dari Oracle Corporation melalui Oracle Education Foundation. Oracle Education Foundation (OEF) adalah organisasi amal independen yang didanai oleh Oracle Corporation yang menyediakan ThinkQuest Projects untuk dimanfaatkan para siswa & guru sekolah dasar, menengah, dan menengah atas di seluruh dunia agar mampu mengembangkan 7 keterampilan yang diperlukan dalam persaingan baik dalam ilmu pengetahuan maupun kepentingan ekonomi abad 21 ini yaitu:

Ø  Pola pikir yang kritis
Ø  Kreatif
Ø  Kerja sama tim
Ø  Pemahaman perbedaan kebudayaan dengan bangsa lain
Ø  Komunikasi
Ø  Pemanfaatan,pengembangan,dan penciptaan teknologi
Ø  Kemampuan untuk mengarahkan diri atau memiliki tujuan


Keunggulan dari ThinkQuest Projects 

·         Aman : Sekolah harus mengajukan aplikasi dan melalui proses verifikasi untuk dapat berpartisipasi dalam ThinkQuest Projects. Account anggota dilindungi oleh password dan isi halaman hanya dapat dilihat oleh anggota. Sebagai tambahan, ThinkQuest Project adalah lingkungan yang bebas virus berkat kerjasama dengan Symantec Corporation.


·         Mudah digunakan: Perangkat ThinkQuest Projects didesain dengan teknologi sedemikian rupa sehingga guru dan siswa dapat membuat proyek dengan mudah dalam hitungan menit.


·         Serba Guna: Anggota dapat mengirim (upload) berbagai format file yang berbeda ke ThinkQuest Projects, seperti foto, dokumen, presentasi, dan audio-video.


·         Bertanggung-jawab: Semua isi dalam ThinkQuest Projects dapat diketahui penulis atau pembuatnya (tidak ada isi yang anonim). Siswa selalu dapat dikenali dengan nama depan dan nama belakangnya, dan sangat mudah untuk menghubungi sekolahnya jika ada masalah.


·         Pengawasan Guru: Guru dapat melihat semua isi yang dibuat siswa dalam ThinkQuest Projects. Sebagai tambahan, semua guru bisa memberi "tanda (flag)" isi dari halaman semua siswa bila dianggap tidak pantas. Tanda (flag) membuat halaman tersebut tidak bias dilihat oleh semua siswa dalam ThinkQuest Projects dan memberi tahu siswa dan sekolah yang terkait.


·         Pemirsa Global Otentik: Berpartisipasi dalam ThinkQuest Projects memberi kesempatan pada siswa agar karyanya dilihat oleh pemirsa di seluruh dunia, sehingga memotivasi mereka untuk bekerja sebaik-baiknya.


·         Basis-Web: Anggota dapat masuk ke ThinkQuest Projects komputer manapun yang memiliki akses internet. Sekolah yang sudah memiliki akses internet tidak perlu membeli peralatan ataupun software khusus lain.


·         Focus pada keahlian Abad 21: Kehidupan dan pekerjaan di abad 21 menuntut siswa untuk belajar menggunakan teknologi, mengkomunikasikan idenya dengan jelas, dan berinteraksi dengan orang yang berbeda budaya secara efektif. Melalui pertisipasi mereka di ThinkQuest Projects, siswa mendapat kesempatan untuk mengasah keahlian tersebut.






Kelebihan dan kekurangan penggunaan thinkquest project dalam kegiatan belajar mengajar menurut guru :
Penggunaan sarana thinkquest project dalam melaksanakan proses kegiatan belajar-mengajar jelas ada kelebihan dan tidak dapat dipungkiri juga memiliki kekurangan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional seperti metode ceramah yang sampai saat ini memang masih menjadi pilihan utama para guru dalam penyampaian materi pembelajaran kepada para siswa. Metode ceramah ini juga dinilai para siswa sebagai metode paling efektif dalam proses belajar mereka. Hanya saja metode ini terkesan membuat siswa menjadi pasif dan tidak mampu berpikir kritis,cenderung menyalin seluruh materi yang disampaikan sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang kreatif dan beberapa kekurangan lainnya.

Namun dengan penggunaan saran belajar-mengajar thinkquest project yang disediakan oleh oracle education foundation ini siswa dituntun untuk memiliki pola pikir yang kritis dan memiliki rasa ingin tahu serta rasa ingin terus mengembangkan kemampuannya. Dengan adanya fitur perpustakaan pada thinkquest project juga menambah wawasan siswa serta memumupuk budaya membaca. Begitu juga dengan adanya thinkquest competition baik individu maupun kelompok,dengan mengikuti kompetisi tersebut para siswa mampu membangun dan melatih kemampuan bekerja dalam tim serta belajar dalam memimpin,baik memimpin teman-teman sekelompoknya maupun memimpin dirinya sendiri.

Kelebihan dan kekurangan penggunaan thinkquest project dalam kegiatan belajar mengajar menurut siswa :
Menurut kami para peserta didik dengan menggunakan thinkquest project sebagai salah satu media dalam melaksanakan kegiatan mengajar terdapat kelebihan serta kekurangannya. Kelebihannya adalah sumberdaya untuk menambah wawasan sangat melimpah dengan adanya fitur perpustakaan dan memungkinkan kami untuk bertukar wawasan dengan rekan sesama siswa baik yang berasal dari negara yang sama maupun dengan rekan yang berada di negara berbeda.

Ada juga kekurangannya,sebagai contohnya materi yang seharusnya disampaikan oleh guru terkadang tidak sempat tersempaikan dengan sempurna sehingga siswa agak kerepotan untuk menyusul ketertinggalan tersebut. Namun terlepas dari hal tersebut banyak dampak positif yang dirasakan oleh rekan-rekan siswa dalam penerapan thinkquest project sebagai salah satu media pembelajaran.

Nilai positif dari penggunaan thinkquest project sebagai salah satu media pembelajaran :

Jika beberapa jejaring sosial seperti Facebook dan Liveconnection menawarkan kemudahan berkomunikasi melalui internet, ada satu lagi jejaring sosial yang mengusung platform pembelajaran online. Jejaring sosial yang diberi nama ThinkQuest menawarkan model pembelajaran online dan terlindungi yang memberikan kemampuan bagi para pendidik untuk mengintegrasikan proyek pembelajaran ke dalam kurikulum kelas.Bagi para pelajar, ThinkQuest memberikan sarana untuk mengembangkan kemampuan teknologi, kreatifitas, komunikasi, dan kerja tim.


Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Adi Rusli Managing Director Oracle Indonesia saat acara penandatanganan MoU antara Oracle Education Foundation (OEF) dan Dinas pendidikan DKI Jakarta untuk menyebarkan platform ThinkQuest milik OEF ke sekolah-sekolah negeri di DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (31/3). Ia menjelaskan Oracle membuat ThinkQuest sebagai wahana pembelajaran online secara gratis. Menurutnya portal jejaring sosial ini memiliki fungsi utama sebagai sarana komunikasi antar sekolah. "Sekolah-sekolah yang terdaftar di ThinkQuest dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi," ujar Adi.


Menurutnya sampai saat ini sudah ada lebih dari 220 ribu pelajar dan guru di 3400 institusi pendidikan di Asia Pasifik yang telah berpartisipasi dalam ThinkQuest. Oleh karena itu menurutnya secara otomatis sekolah-sekolah yang memanfaatkan akses ke ThinkQuest dapat memperluas wawasan dan kebudayaan pelajar di negara lain. Pada kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa fitur-fitur yang dibuat pada website ThinkQuest sengaja dibuat agar setiap siswa dan guru dapat berinteraktif dan berkreasi.

"Dalam ThinkQuest disediakan fasilitas chatting, blog, email, sticky pada hasil karya pelajar tersebut didapat dari hasil kompetisi yang akan dilaksanakan setiap tahunnya dalam bentuk project learning. Biasanya kompetisi internasional ini meminta para pelajar yang menjadi peserta untuk membuat tim membuat website yang unik," ujar Adi.



Menurutnya project learning ini diadakan dengan tujuan memancing pelajar untuk berkolaborasi dengan pelajar di negara lain. Selain lomba membuat website biasanya juga diadakan lomba penulisan dalam bahasa Ingggris untuk melatih kemampuan bahasa. Sementara itu pada kesempatan yang sama Robert Kayatoe selaku business strategy development director of Oracle Indonesia menjelaskan bahwa website ini adalah portal tertutup yang protecteted. "Kita ingin semua yang tergabung dalam website ini dapat dikontrol,"ujar Robert.

Menurutnya setiap siswa dapat dikontrol dalam menggunakan website. Sebagai contoh, ThinkQuest menyediakan sistem proteksi yang membatasi penggunaan kata-kata kotor. "Setiap mau upload harus ada izin dari guru," tegas Robert.

Ia menjelaskan bagi sekolah yang ingin bergabung ke dalam ThinkQuest bisa langsung mendaftar ke dalam website www.thinkquest.org. Ia menegaskan tidak akan ada biaya sepeser pun untuk bergabung dan memanfaatkan thinkquest.

Thinkquest situs anak-anak terbaik :


ThinkQuest, situs perpustakaan dan kompetisi para pelajar internasional dinobatkan sebagai situs internet terbaik untuk anak-anak oleh Common Sense of Media.
Wakil Presiden Oracle Education Foundation Programs Jim Ballard, seperti dikutip dalam siaran pers Oracle di Jakarta, Jumat, mengatakan bangga Common Sense of Media menganggap ThinkQuest sebagai salah satu situs sumber pendidikan unggulan bagi anak-anak sekarang ini.
ThinkQuest merupakan sebuah program dari Oracle Education Foundation yang mengadakan kompetisi internasional dimana siswa ditantang untuk menggunakan internet dari situs resmi di seluruh dunia hingga membuat situs.
Acara penghargaan yang diadakan tiap tahun ini diberikan kepada seniman, acara, produk serta organisasi yang usahanya terlibat dan memberikan inspirasi kepada anak-anak.




Thinkquest dan media baru bagi pembelejaran :

Terhitung 1 juli 2013 thinkquest.org berhenti beroperasi. Jika ditengok ketahun-tahun belakang thinkquest.org sudah banyak memberi kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan dasar,menengah,dan menengah atas.


Thinkquest.org merupakan salah satu contoh dari media modern bagi pembelajaran. Semoga thinkquest.org mampu menjadi motivasi bagi para penggiat pendidikan untuk terus mengembangkan media yang efektif dalam berbagai artian. Baik efektif bagi para pelajar maupun  para peserta didik.






Sumber :

Minggu, 02 Desember 2012

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat



Defenisi

    Pelapisan sosial adalah pengelompokan para anggota masyarakat secara bertingkat. Menurut Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan atas dan lapisan-lapisan selanjutnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial.

Terbentuknya Lapisan 

Alamiah
    Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. 




Di Buat
    Sistem pelapisan ini dengan sengaja diciptakan untuk sebuah tujuan. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.




Teori Pelapisan sosial

    Pertama, Pelapisan masyarakat dibagi menjadi beberapa kelas :

  •  Kelas atas 
  •  Kelas menengah 
  •  Kelas menengah ke bawah
  •  Kelas bawah 





1) Aristoteles mengatakan bahwa di dalam tiap-tiap Negara terdapat tiga unsure, yaitu mereka yang kaya sekali, mereka yang melarat sekali, dan mereka yang berada di tengah-tengahnya.

2) Vilfredo Pareto menyatakan bahwa ada dua kelas yang senantiasa berbeda setiap waktu yaitu golongan Elite dan golongan Non Elite. Menurut dia pangkal dari pada perbedaan itu karena ada orang-orang yang memiliki kecakapan, watak, keahlian dan kapasitas yang berbeda-beda.


3) Prof. Dr. Selo Sumardjan dan Soelaiman Soemardi SH. MA. menyatakan bahwa selama di dalam masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargai olehnya dan setiap masyarakat pasti mempunyai sesuatu yang dihargai.
Kesimpulannya adalah bawha pelapisan bisa dilihat dari beberapa ukuran atau standar :
a. ukuran kekayaan
b. ukuran kekuasaan
c. ukuran kehormatan
d. ukuran ilmu pengetahuan


Kesamaan derajat

    Sebagai warga negara Indonesia, tidak dipungkiri adanaya kesamaan derajat antar rakyaknya, hal itu sudah tercantum jelas dalam UUD 1945 dalam pasal ..
1. Pasal 27


    - ayat 1, berisi mengenai kewajiban dasar dan hak asasi yang dimiliki warga negara yaitu  

      menjunjung tinggi hukum dan pemenrintahan

    - ayat 2, berisi mengenai hak setiap warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 
    bagi kemanusiaan

2. Pasal 28 
    Ditetapkan bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, menyampaikan pikiran lisan dan  
    tulisan.

3. Pasal 29 
    - ayat 2, kebebasan memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara



4. Pasal 31 

    - ayat 1 dan 2, yang mengatur hak asasi mengenai pengajaran.

Dsb.

Jumat, 26 Oktober 2012


PENGARUH PENDUDUK & KEBUDAYAAN DALAM ILMU SOSIAL



        Penduduk atau masyarakat sangat erat kaitannya dengan kebudayaan. Penduduk dan kebudayaan saling bersinergi dan membentuk suatu sistem atau yang sering kita sebut peradaban. Namun pada dasarnya penduduk dan kebudayaan adalah dua komponen yang saling membangun. Suatu kebudayaan akan muncul jika dikehendaki,disepakati,dan dibentuk oleh penduduk atau masyarakat. Begitu pula dengan penduduk atau masyarakat akan tercipta jika ada kebudayaan yang mempersatukan perbedaan diantara penduduk atau masyarakat itu sendiri. Jelas bahwa keberadaan penduduk dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan.


       Kaitannya dalam ilmu sosial adalah dimana ilmu sosial membahas tentang hubungan antara penduduk dengan penduduk lain,serta kebudayaan yang satu dengan yang lain. Dimana aspek yang dicakup cukup luas,misal hubungan ekonomi,hubungan hukum,hubungan sosial,dsb.


      Tidak dapat kita pungkiri bahwa penduduk dan kebudayaan juga mempunyai andil dalam memperngaruhi ilmu sosial itu sendiri. Konflik yang tercipta didalam tatanan penduduk itu sendiri menciptakan teori dalam mengatasinya di dalam ilmu sosial. Teori-teori dalam ilmu sosial tercipta atas hasil pengamatan oleh para ahli dibidang sosial mengenai hubungan atau konflik antar penduduk tersebut.
     

     Pun halnya dengan kebudayaan. Teori tentang kebudayaan dalam ilmu sosial juga diformulakan atas pengalaman,pengamatan,serta pemahaman kepada kebudayaan itu sendiri. Hubungan penduduk dan kebudayaan pun memunculkan teori-teori oleh para ahli yang menjadi acuan dan pedoman dalam mempelajari ilmu sosial itu sendiri.