Jumat, 27 Desember 2013

Surat Elektronik(E-mail)


Saling berinteraksi , berhubungan , dan berkomunikasi merupakan kodrat dari setiap manusia. Banyak sarana untuk saling berkomunikasi satu sama lain , seperti berbicara langsung ataupun menggunakan media bantuan. Dalam perkembanganya surat adalah salah satu media perantara komunikasi antar manusia yang paling lama digunakan bahkan hingga saat ini masih digunakan. Surat-menyurat dalam perkembangannya banyak pula menggunakan media-media pembantu lain dalam menyampaikannya seperti merpati pos ataupun diantar oleh petugas pos.
Namun seiring dengan diciptakannya internet , kegiatan surat-menyurat pun ikut dimutakhirkan yakni dengan menjadikannya surat elektronik atau biasa disebut E-mail. Dewasa ini memiliki akun E-mail sudah barang tentu merupakan hal yang sangat penting. Karena hampir setiap keperluan yang berhubungan dengan internet pasti menggunakan E-mail , seperti registrasi akun jejaring sosial (twitter,facebook,instagram,dsb) , jual beli via internet (e-bay,tokobagus,dsb) , dan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan internet lainnya.
Berikut akan dibahas mengenai sejarah , perkembangan , kegunaan , dan manfaat yang dirasakan dengan menggunakan E-mail.



Pengertian email  :

 E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.
Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacamusername@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com

Sejarah E-mail :

Electronic mail, atau yang lebih akrab dikenal sebagai email atau e-mail adalah metode pengiriman pesan digital yang dapat ditujukan ke lebih dari satu pengirim. Kini email lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia modern.

Namun tahukah Anda siapa penemu email dan dari mana email berasal? Berikut adalah sejarah singkat mengenai email.

Dilansir dari Net History, email sebenarnya sudah digunakan sebelum APRAnet atau Internet digunakan secara luas. Cara kerja email pertama sangatlah sederhana, user komputer hanya meletakkan pesan di user komputer lain, seperti meninggalkan pesan di meja orang lain, yang kini disebut file directory. Namun pada saat itu, email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer saja dalam rangkaian LAN (Local Area Network).

Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.


Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".


Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada". Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.

Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

Pada perkembangannya email mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan Hotmail.
Penyedia Layanan E-mail :

1.Gmail
  
mail.google.com

Gmail merupakan layanan email dan chat dari Google Inc. yang ditemukan oleh Paul Buchheit. Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 
10 GB dengan perlindungan terhadap kotak masuk spam.
 
Gmail juga dapat mengirimkan attachment(lampiran) sampai 25MB per email dan fitur-fitur menarik termasuk pengelompokan email masuk sehingga mudah untuk dilihat.
Sejak di launching 1 April 2004 sudah 500 juta lebih orang menggunakan Gmail.


2. Yahoo!Mail
    
mail.yahoo.com


Yahoo!mail merupakan layanan gratis dari Yahoo dengan kapasitas
penyimpanan hingga 5GB. Rocketmail dan ymail juga merupakan
bagian dari Yahoo!Mail. Yahoo!mail diluncurkan pada 8 0ktober 1997 dan saat ini lebih dari
300 juta akun yahoo mail digunakan.












3. Outlook.com / MSN/ Hotmail
     
www.outlook.com

Outlook.com merupakan web berbasis email milik microsoft. Corp
dan merupakan layanan email terbesar kedua. Diluncurkan pada 4 juli 1996 (Hotmail) 31 juli 2012 (Outlook) dan saat ini sudah melayani lebih dari 420 juta pengguna di seluruh dunia.
Outlook merupakan versi terbaru dari Hotmail, Windows Live Hotmail, Msn Hotmail dari Microsoft Walaupun begitu kita tetap bisa mengakses akun email hotmail, msn email terdahulu dan membuat akun baru dengan domain outlook, hotmail dan live.com.




4. AOL Mail / AIMMail
    
mail.aol.com


Aol mail atau disebut juga AIM mail merupakan layana email gratis dari AOL (American Online) .
Aol menyediakan kapasitas  penyimpanan hingga 5GB dan perlindungan terhadap spam.
Diluncurkan pada 21 maret 1993 dan saat ini tersedia dalam 54 bahasa.




5. Mail.com
    
www.mail.com
   
    Mail.com merupakan layanan email berbasis web dan portal milik United Internet.
    Mail.com menyediakan penyimpanan sebesar 2GB dan perlindungan terhadap spam.





6. GMX.Mail
    
www.gmx.com

 




GMX Mail merupakan layanan email gratis dari GMX (Global Mail Exchange) milik United Internet  yang berbasis di German. Gmx mail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 5GB dengan  50MB kapasitas per email dan perlingdungan terhadap malware dan spam.




7. Nokia Mail
    
https://www.nokiamail.com


    Layanan email gratis dari Nokia bagi pengguna telepon nokia dengan kapasitas tak terbatas
    yang bekerja sama dengan Yahoo. Inc.


  

8.  iCloud


Layanan email gratis dari Apple Inc. dengan kapasitas penyimpanan 5GB
    Sama seperti nokia mail, icloud sepertinya juga dihadirkan buat pengguna produk produk Apple.Inc


9. INBOX.COM
www.inbox.com
    

   Layanan email gratis dengan tambahan photosharing. Inbox.com menyediakan kapasitas
   penyimpanan hingga 5GB namun sayang tidak tersedia untuk Indonesia.


10. Zoho Mail
      
www.zoho.com/mail.


      Layanan email gratis dari zohomail.com dengan kapasitas pemyimpanan online terbatas.
      Umumnya zoho mail ditujukan untuk pengguna profesional dan umum.

11. FastMail

Fastmail merupakan layanan email gratis dan premium dari FastMail.com FastMail terdiri dari 3 kategori mail yaitu :
Personal, Bussiness, dan Family Email dengan harga yg berbeda.

12. Opera Mail

Opera mail merupakan layanan email gratis dari opera yang teringrasi
langsung dengan layanan blog dan photodari opera.

Berikut ini layanan Email dari Indonesia :

1. TelkomNet Mail
mail.telkom.net
     
Layanan email gratis dari Telkom Indonesia dengan kapasitas penyimpanan
hanya 10 MB.

2. Plasa.Com
   
www.plasa.com
    
Layanan email gratis dari website Plasa.com yang merupakan milik Telkom Indonesia.
Plasa.com menyediakan kapasitas pemyimpanan 10 MB.
Kegunaan dan manfaat E-mail :
1.      Media Komunikasi
Tentu, sebagai alat komunikasi elektornik, email atau surat elektronik adalah media komunikasi yang bisa dilakukan secara personal atau umum (komunitas)

2.      Media Pengiriman
Dengan email anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengiriman yang anda dengan yang anda kirimi data sama-sama menggunakan alamat email, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik
emailkamu@gmail.com ----------> data pengiriman ------------> emailteman@gmail.com

3.      Efektif, Efisien, dan Murah
Melakukan pengiriman data melalui email adalah sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat email anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal

4.      Media Promosi
JIka anda bisa memiliki usaha di internet atau pebisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada

5.      Media Informasi
Melalui email, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan

6.      Membuat Blog atau Website
Dengan email anda bisa membuat blog dan website

7.      Sosial Media
Dengan email, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan email itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti 
facebook, twitter, atau google +
E-mail merupakan salah satu fasilitas dalam internet yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet. Dengan menggunakan e-mail kita dapat berinteraksi dengan banyak orang dengan tanpa harus terbelenggu batasan jarak. Pemanfaatan e-mail dengan arif dan bijak serta sesuai dengan kebutuhan dan menghargai privasi serta hak orang lain mutlak sifatnya dimengerti oleh setiap pengguna internet khususnya pengguna e-mail.

Sumber :
http://Nethistory.inf,
http://Mashable.com


http://www.gmx.com
http://www.mail.com
http://mail.aol.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar