Objek : Kaleng
Minuman diatas Meja
Pencahayaan atau
Lighting pada grafik komputer
bertujuan untuk memberikan efek nyata pada objek. Efek nyata disini berarti, cahaya yang
disebarkan ke objek dapat memberikan efek cahaya yang sesungguhnya. Terdapat dua model pencahayaan, yaitu :
·
Ray
Tracing
·
Radiocity
Pada
contoh berikut, merupakan contoh model pencahayaan Radiocity. Pencahayaan Radocity menerapkan bahwa sembarang
permukaan benda yang tidak berwarna hitam diasumsikan menjadi sumber cahaya. Cahaya yang dihasilkan
oleh benda, dipengaruhi oleh cahaya yang berasal dari sumber cahaya dan
pantulan dari benda lain, dengan kata lain setiap benda dipengaruhi oleh benda
lain.
A.1 Sumber cahaya berasal dari
depan benda
Dapat
terlihat pada gambar A.1, terdapat sebuah kaleng minuman yang berada diatas meja. Kaleng
tersebut disinari oleh cahaya dengan
posisi sumber cahaya berasal dari arah depan benda, sehingga menghasilkan
bayangan hitam pada sisi belakang. Jenis sumber cahaya yang digunakan adalah Point
Light.
A.2. Sumber cahaya
berasal dari belakang benda
Point
Light adalah sumber cahaya yang memiliki lokasi dan arah,
jarak antara sumber cahaya terhadap benda akan berpengaruh terhadap kekuatan
cahaya yang diterima oleh benda. Cahaya ini memancar ke segala arah, namun intensitas
cahaya yang diterima objek bergantung dari posisi sumber cahaya. Jenis ini
dapat diasumsikan sepeti lampu pijar pada kehidupan nyata.
A.3 Sumber cahaya berasal dari sisi
kanan benda
A.4 Properties Pencahayaan
Pencahayaan
yang diberikan ke objek dapat menghasilkan bayangan sebagai efek dari
pencahayaan itu sendiri. Pantulan yang dihasilkan dari contoh objek kaleng
minuman adalah :
1. Pantulan Diffuse,
diffuse merupakan sifat permukaan di mana cahaya yang datang
dipantulkan ke segala arah. Dari
contoh diatas, meja yang memiliki
tekstur kayu dapat terlihat nyata karena cahaya dipantulkan ke segala arah
sehingga tekstur benda terlihat kasar.
2. Pantulan Specular, memberikan efek
pencahayan untuk benda-benda seperti cermin, plastik dan kaleng. Cahaya yang
dipantulkan ke berbagai arah akan dipantulkan lebih banyak oleh benda-benda
berbahan cermin, plastik dan kaleng. Contohnya adalah kaleng minuman diatas yang disinari oleh
cahaya memantulkan cahaya yang lebih terang pada salah satu sisinya sehingga
menghasilkan kesan bercahaya (highlight)
|