Selasa, 01 April 2014

Twitter(?)


Blogger semua pasti sudah menganggap lumrah memiliki akun jejaring sosial virtual pada jaman sekarang. Jika disuruh untuk menyebutkan beberapa situs jejaring sosial virtual pasti kebanyakan dari kita akan menyebutkan situs jejaring yang cukup terkenal dan banyak penggunanya seperti facebook, path, instagram, google+, dan twitter. Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial virtual yang paling sering dikunjungi da digunakan baik melalui media PC ataupun melalui media smartphone. Konsep, tatanan, dan suguhan desain dari situs jejaring sosial twitter yang bisa dibilang cukup simple membuat twitter sangat diterima dengan mudah dan digemari oleh para pengguna internet.

Berikut akan saya ulas sedikit serba-serbi tentang twitter.



Twitter adalah situs jejaring sosial virtual yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli pada tahun yang sama.

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006.

Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.

"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey.

Seperti kutipan kalimat diatas twitter memiliki konsep berbagi informasi apapun baik seberapa penting ataupun seberapa spam kah informasi tersebut kepada setiap orang pada saat dan tenggat waktu yang cepat. Pengguna dapat membagi berbagai jenis informasi seperti teks, gambar, url , dan lain sebagainya.

Pengguna dapat mengelompokkan kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan hashtag "#". Sedangkan tanda "@", yang diikuti dengan nama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada pengguna lain. Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan "RT". Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan.


Antarmuka web Twitter menggunakan kerangka kerja Ruby on Rails dan peningkat kinerja Ruby Enterprise Edition milik Ruby. Pada awal pengoperasian Twitter, kicauan pengguna disimpan dalam basis data MySQL, yang dibagi menurut waktu pemostingan. Namun, penyimpanan pada MySQL ini menimbulkan masalah dalam membaca ataupun menulis di Twitter, dan perusahaan lalu memutuskan untuk merombak sistem. Pada 6 April 2011, para teknisi di Twitter menyatakan bahwa mereka telah beralih dari Ruby on Rails ke server Java yang mereka sebut Blender.

Pesan Twitter bersifat publik, tapi pengguna juga bisa mengirim pesan pribadi melalui fitur "pesan langsung" (DM).  Kerentanan keamanan pada Twitter dilaporkan pada tanggal 7 April 2007 oleh Nitesh Dhanjani dan Rujith. Sejak Twitter menggunakan nomor telepon sebagai metode otentikasi, pengguna yang tidak bertanggungjawab bisa memperbarui status pengguna lain dengan menggunakan penipuan SMS. Hal ini bisa terjadi jika si penipu mengetahui nomor telepon yang didaftarkan oleh akun korban mereka. Segera setelah itu, Twitter memperkenalkan Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) opsional yang bisa digunakan untuk mengotentikasi layanan Twitter SMS.

Kasus pembajakan akun twitter pun cukup banyak terjadi, memang tidak dapat dipungkiri dewasa ini semakin banyak orang yang berkemampuan tinggi dalam bidang teknologi digital yang menyalahgunakan kemampuannya,sehingga secanggih apapun firewallnya para peretas tetap mampu untuk mencari jalan keluar untuk membobol sekuritas dari twitter.

Seluruh situs jejaring sosial virtual termasuk twitter didalamnya termasuk twitter sudah pasti memiliki dua sisi layaknya sekeping koin logam. Ada sisi baik dan sisi buruk , dengan kata lain memiliki dampak positif juga dampak negatif.

Dampak positif dengan memiliki akun jejaring sosial virtual dan dalam hal ini twitter adalah kemudahan dalam bertukar informasi. Informasi disini dapat berupa apapun. Semisal akun twitter milik  sebuah kantor pewartaan yang terus secara rutin memosting tautan berupa link url artikel beritanya yang dapat diakses para pengguna twitter.

Dengan mengetahui dampak positifnya tidak serta merta kita menutup mata akan dampak negatif yang ditimbulkan situs jejaring sosial dalam hal ini twitter. Salah satu dampak yang paling dirasakan oleh pengguna situs jejaring sosial twitter adalah adiksi atau dengan kata lain kecanduan. Dalam sehari seorang pengguna situs jejaring twitter sudah barang tentu rutin dalam melihat update timeline dari akunnya,hal ini membuat hampir sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menggunakan twitter. Jelas adiksi bukanlah hal yang baik.

Penggunaan akun jejaring sosial harus dibarengi dengan kesadaran dan pengetahuan yang cukup tentang dampak positif dan negatif yang akan timbul seiring penggunaannya. Sehingga   mampu memcegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar