Selasa, 01 April 2014

Mixed Martial Arts (MMA)




Belakangan ini saya sedang digandrungi dengan kegemaran baru,MMA. Blogger pasti banyak yang sudah tau apa itu MMA. MMA adalah cabang olahraga pertarungan kontak penuh (full contact) yang mengizinkan untuk menggunakan serangan,bantingan,dan kuncian. Semuanya berawal dari vale-tudo yang berkembang di brazil pada tahun 1920an yang kemudian dibawa ke amerika serikat oleh gracie family yang merupakan pemrakarsa UFC (ultimate fighting championship) pada tahun 1993. Awalnya tujuan dari kompetisi MMA adalah untuk mencari beladiri yang paling efektif untuk menghadapi situasi pertarungan tanpa senjata yang sesungguhnya,petarung saling berhadapan dengan peraturan yang sangat minim. Namun pada perkembangannya peraturan yang mengikat terus berkembang agar menjadikan pertarungan semakin aman. Nama Mixed Martial Arts pertama kali diucapkan oleh Howard Rosenberg seorang kritikus televisi pada tahun 1993 dibahasannya tentang UFC.
Selain UFC ada beberapa kompetisi MMA yang dikenal dan cukup bergengsi diantaranya :
·         Pride Fighting Championship (1997-2007)
·         World Extreme Cage fighting (2001-2010)
·         International Fight League (2006–2008)
·         EliteXC (2006–2008)
·         DREAM (2008–2012)
·         Strikeforce (2006–2013)
·         Bellator Fighting Championships (2008–Present)
·         ONE Fighting Championship (2011-Present)
Petarung MMA saling berhadapan dengan lawan yang berada dalam satu kelas berat yang sama. Kelas-kelas berat dalam MMA :
·         flyweight (diatas 125 lb / 56.7 kg)
·         bantamweight (diatas 135 lb / 61.2 kg)
·         featherweight (diatas 145 lb / 65.8 kg)
·         lightweight (diatas 155 lb / 70.3 kg)
·         welterweight (diatas 170 lb / 77.1 kg)
·         middleweight (diatas 185 lb / 83.9 kg)
·         light heavyweight (diatas 205 lb / 93.0 kg)
·         heavyweight (diatas 265 lb / 120.2 kg)
·         super heavyweight (tanpa batas atas)
Umumnya petarung MMA mengombinasikan lebih dari 2 aliran seni beladiri untuk bertarung. Aliran seni beladiri yang paling umum digunakan di MMA seperti Brazilian Jiu-Jitsu, gulat, tinju, judo, karate, taekwondo dan muay thai.
 

Dalam MMA ada beberapa cara atau metode untuk menyatakan seorang petarung menang atas lawannya. KnockOut (KO) terjadi apabila lawan tidak bisa melanjutkan pertandingan karena pingsan atau hilang kendali karena terkena pukulan yang sah dari petarung, maka petarung dinyatakan menang. Submission(menyerah)seorang petarung diperbolehkan menyerah dalam sebuah pertarungan dengan cara  menepuk tubuh lawan ataupun matras/lantai dan perkataan bahwa dia menyerah. Technical Submission wasit menghentikan pertarungan saat petarung terperangkap kuncian serta cidera parah dan tidak mampu untuk menyerah. Technical Knockout (TKO) wasit menghentikan jalannya pertandingan jika salah satu petarung jauh unggul dalam perolehan nilai dimana petarung lainnya tidak mampu untuk menahan serangan dari lawannya dan mendapat cidera dan luka yang cukup serius, seorang petarung terlihat tidak dapat mengendalikan dirinya dengan baik setelah menerima serangan dari lawannya, atau pada saat seorang petarung mengalami luka atau cidera yang sangat serius seperti robek pada tubuh ataupun patah tulang.
Doctor Stoppage/Cut wasit akan menghentikan pertarung untuk sementara jika kemampuan salah seorang petarung untuk bertahan dalam pertarungan tersebut dipertanyakan dikarenakan cidera yang cukup serius. Dokter akan memeriksa petarung tersebut dan akan menghentikan pertarungan jika petarung tersebut dinilai tidak dapat melanjutkan pertarungan dengan aman, dan lawan dari si petarung dinyatakan menang. Corner stoppage kru dari salah satu petarung berhak untuk mewakili si petarung untuk menyerahdengan melemparkan handuk ke ring pada saat pertarungan berjalan atau jeda diantara ronde. Retirement seorang petarung sangat pusing dan limbung atau kelelahan dan tidak memungkinkan secara fisik untuk melanjutkan pertarungan.
Decision salah seorang petarung dinyakatan menang oleh ketiga juri yang bertugas jika kedua petarung bertarung sampai ronde yang berlaku habis, biasanya ditentukan dengan poin. Forfeit seorang petarung atau perwakilannya boleh menyatakan menyerah pada saat pertarungan akan dimulai. Disqualification peringatan akan diberikan saat seorang petarung melakukan pelanggaran atau melakukan serangan yang dianggap ilegal atau tidak mengikuti instruksi dari wasit. Seorang petarung akan didiskualifikasi jika mendapat 3 kali peringatan. No Contest pada pertarungan jika kedua petarung melakukan pelanggaran terhadap aturan atau salah seorang petarung cidera parah yang disebabkan oleh pukulan ilegal yang tidak sengaja oleh lawannya, maka pertarungan tersebut akan dinyakatan "No Contest" atau dengan kata lain tidak ada pemenang.
Itu sedikit info tentang MMA dari saya,terus berolahraga dan perdalam skill beladiri anda.


Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar