Minggu, 29 Maret 2015

TEKNIK PENCAHAYAAN SEBUAH OBJEK PADA GRAFIK KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER


Objek  :           Kaleng Minuman diatas Meja

Pencahayaan atau Lighting pada grafik komputer bertujuan untuk memberikan efek nyata pada objek.  Efek nyata disini berarti, cahaya yang disebarkan ke objek dapat memberikan efek cahaya yang sesungguhnya.  Terdapat dua model pencahayaan, yaitu :
·         Ray Tracing
·         Radiocity
Pada contoh berikut, merupakan contoh model pencahayaan Radiocity. Pencahayaan Radocity menerapkan bahwa sembarang permukaan benda yang tidak berwarna hitam diasumsikan  menjadi sumber cahaya. Cahaya yang dihasilkan oleh benda, dipengaruhi oleh cahaya yang berasal dari sumber cahaya dan pantulan dari benda lain, dengan kata lain setiap benda dipengaruhi oleh benda lain.
A.1 Sumber cahaya berasal dari depan benda
Dapat terlihat pada gambar A.1, terdapat sebuah  kaleng minuman yang berada diatas meja. Kaleng tersebut disinari oleh cahaya dengan  posisi sumber cahaya berasal dari arah depan benda, sehingga menghasilkan bayangan hitam pada sisi belakang. Jenis sumber cahaya yang digunakan adalah Point Light.
A.2. Sumber cahaya berasal dari belakang benda
Point Light adalah sumber cahaya yang memiliki lokasi dan arah, jarak antara sumber cahaya terhadap benda akan berpengaruh terhadap kekuatan cahaya yang diterima oleh benda. Cahaya ini memancar ke segala arah, namun intensitas cahaya yang diterima objek bergantung dari posisi sumber cahaya. Jenis ini dapat diasumsikan sepeti lampu pijar pada kehidupan nyata.

A.3 Sumber cahaya berasal dari sisi kanan benda

A.4  Properties Pencahayaan
Pencahayaan yang diberikan ke objek dapat menghasilkan bayangan sebagai efek dari pencahayaan itu sendiri. Pantulan yang dihasilkan dari contoh objek kaleng minuman adalah :
1.      Pantulan Diffuse, diffuse merupakan sifat permukaan di mana cahaya yang datang dipantulkan ke segala arah.  Dari contoh  diatas, meja yang memiliki tekstur kayu dapat terlihat nyata karena cahaya dipantulkan ke segala arah sehingga tekstur benda terlihat kasar.
2.      Pantulan Specular,  memberikan efek pencahayan untuk benda-benda seperti cermin, plastik dan kaleng. Cahaya yang dipantulkan ke berbagai arah akan dipantulkan lebih banyak oleh benda-benda berbahan cermin, plastik dan kaleng. Contohnya adalah  kaleng minuman diatas yang disinari oleh cahaya memantulkan cahaya yang lebih terang pada salah satu sisinya sehingga menghasilkan kesan bercahaya (highlight)


Efek bercahaya (highlight) pada permukaan kaleng
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar